Blog 5 Prospek Kerja Teknik Informatika

5 Prospek Kerja Teknik Informatika

Bagi kamu yang masih bingung memilih jurusan setelah lulus dari sekolah, Jurusan Teknik Informatika bisa menjadi pilihan kamu.

Di era industri 4.0 prospek kerja Teknik Informatika sangatlah luas karena banyak industri sudah memanfaatkan teknologi ter komputerisasi untuk membantu pekerjaan agar lebih efisien.

Dengan bergeser nya era industri tersebut banyak bidang pekerjaan baru yang bermunculan, salah satunya dibidang Teknik Informatika, bahkan lulusan Teknik Informatika memiliki rata – rata penghasilan tertinggi, Berikut beberapa prospek kerja Teknik Informatika yang dibutuhkan oleh industri :

1. Front End Developer

Monitor dan laptop yang menunjukkan pekerjaan seorang front end developer

Front End Developer merupakan seorang programmer yang memiliki tugas membuat program Client-side, dimana program yang dibuat berada pada sisi user seperti membuat tampilan program (user interface) dan membuat user experience dari suatu program.

Seorang Front End Developer selalu berupaya memberikan kesan se menarik mungkin terhadap user agar user nyaman dan mudah menggunakan program yang digunakan.

2. Back End Developer

Barisan code yang di kerjakan oleh back end developer

Berbeda dengan Front End Developer, Back End Developer bekerja pada server-side atau semua yang tidak dilihat secara langsung oleh user.

Orang yang bekerja sebagai Back End Developer biasanya lebih mengutamakan fungsi dan sistem daripada tampilan pada suatu program yang dibuat.

Back End Developer menangani dan merancang bagian data dari suatu sistem termasuk server dan database.

3. System Analyst

Menganalisis dan mendesain sistem yang akan dibangun oleh suatu perusahaan atau suatu organisasi adalah tugas dari orang yang berprofesi sebagai System Analyst.

seorang system analyst yang tengah melakukan pekerjaannya

Seorang System Analyst tentu memiliki tanggung jawab untuk memberikan jalan keluar terhadap suatu permasalahan sistem komputer di suatu perusahaan, mereka harus mengetahui secara jelas keadaan suatu sistem di tempat tersebut, sehingga orang yang bekerja sebagai System Analyst harus memiliki ketelitian tinggi agar tidak melakukan kesalahan.

4. IT Consultant

Orang yang sudah banyak memiliki pengalaman dibidang Teknik Informatika biasanya memutuskan untuk menjadi seorang IT Consultant , pekerjaan seorang IT Consultant adalah memberi saran dan masukan kepada suatu perusahaan atau organisasi dalam pemilihan dan pengembangan teknologi informasi yang sesuai, efektif dan efisien di dalam perusahaan atau organisasi tersebut.

it consultant yang tengah mengamati visual data

Untuk bisa mengerjakan tugas tersebut tentu di butuhkan orang yang memiliki skill dan pengalaman yang mumpuni di bidang Teknik Informatika.

Prospek kerja Teknik Informatika ini sangat cocok buat orang yang sudah lama berkecimpung di bidang Teknik Informatika. Biasanya seorang IT Consultant tidak hanya mengatasi satu perusahaan saja, bisa kamu bayangkan berapa besar gaji seorang IT Consultant.

5. Game Developer

Ini buat kamu yang sering dan suka bermain game nih, pernah berfikir bagaimana suatu game di buat? Perkembangan dunia game sangat berkembang pesat terutama untuk game mobile maupun desktop.

Hal ini membuat banyak perusahaan game besar yang mencari para game developer untuk perusahaannya.

laki-laki yang sedang bermain game

Seorang game developer dapat meraup penghasilan hingga miliaran rupiah dengan cara menjual produk berupa game, menjual layanan berupa IAP atau in-app purchase dan menjual merchandise yang berhubungan dengan game yang di kembangkan, sehingga prospek kerja Teknik Informatika yang satu ini sangat menjanjikan.