• STMIK Primakara

3H Yang Harus Kalian Miliki Sebelum Bikin Startup



Mungkin gak sih bangun sebuah Startup sendirian? Jawabannya, mungkin namun StartUp kamu pasti tidak akan berkembang maksimal dan tidak sustain. Karena sebuah Startup harus memiliki tim yang masing-masing kuat dalam bidang-bidangnya. Dalam menyusun sebuah tim dalam startup pun tidak boleh main-main. Karena ada tiga peran utama dalam startup yang masing-masing memiliki karakter dan kekuatannya masing-masing. Tiga peran tersebut adalah Hustler, Hipster, dan Hacker. Lalu apa maksud dan peran masing-masing karakter tersebut?


1. Hustler

Istilah hustler sendiri dalam startup lebih ditunjukkan kepada orang-orang yang memiliki passion besar terhadap bisnis. Hustler adalah orang yang ahli dalam membangun tim, memberikan semangat, mengelola proyek, mempersiapkan dan memperbarui model bisnis, membentuk mitra, hingga memandu tim selama startup itu berjalan. Dapat dikatakan mereka adalah kepala ekonomi dan bisnis dalam sebuah startup.

2. Hipster

Dalam startup, hipster lebih ditunjukkan kepada orang-orang yang memiliki kreativitas tinggi. Mereka adalah orang-orang yang terbaik dalam membangun identitas startup, desain dan tata letak, hingga copywriter dalam produk startup. Dapat dikatakan mereka adalah sang jenius dalam hal desain dan penyampaiannya.

3. Hacker

Hacker dalam hal startup bukanlah orang-orang yang membobol suatu sistem. Melainkan adalah orang-orang yang bertanggung jawab dalam hal teknologi dan pengembangan. Seorang hacker setidaknya harus memiliki keterampilan dalam dunia per-coding­-an. Mereka adalah orang-orang yang ahli dalam membuat algoritma, programming, hingga penerapan teknologi yang digunakan dalam startup.


Jadi, itulah 3 peran utama dalam sebuah Startup. Tanpa salah satu dari tiga peran tersebut, sebuah Startup tidak akan bertahan lama. Bahkan Startup tersebut tidak akan berdiri dengan utuh dari awal.

74 views