• STMIK Primakara

Gandeng STMIK Primakara, Dispar Kota Denpasar Gelar "Pandemic Incubation Program"

"Pandemic Incubation Program" Sebagai Solusi Bagi Tenaga Kerja Yang Terdampak Pandemi



Denpasar, Jumat, 6 November 2020 – Tingginya angka tenaga kerja yang terdampak secara ekonomi pada Pandemi di Kota Denpasar mendorong Dinas Pariwisata (DISPAR) Kota Denpasar menggandeng STMIK Primakara dan BPD Bali untuk bergerak dalam membantu perekonomian masyarakat dengan menggelar Pandemic Incubation Program. Dimana program ini diharapkan mampu menjadi solusi untuk mencari sumber pendapatan lain dengan membangun usaha mikro, kecil dan menengah.


Dalam tahap awal dari tiga tahap yang direncanakan berjalan secara virtual ini, sukses dibuka oleh Kepala Dispar Kota Denpasar, M.A. Desire Mulyani, M.Si, Jumat (6/11) hari ini yang dilakukan secara daring dan dipusatkan di Gedung Dharma Negara Alaya, Lumintang, Denpasar. Untuk selanjutnya akan dilanjutkan ke tahap berikutnya yang akan berlangsung 3 minggu kedepan. Di minggu pertama, akan dilakukan ideasi kemudian dilanjutkan workshop, pendampingan dan pemasaran sampai nanti pada minggu terkahir. Setelah melewati tiga minggu pelatihan dan pendampingan, diharapkan para peserta mampu membuka usaha mikro, kecil dan menengahnya sendiri agar tidak terpaku pada pekerjaan mereka yang terdahulu.


“Siapa tahu setelah mengikuti program ini mereka ada ide-ide yang mungkin sejak dulu ingin dilaksanakan, namun belum tahu bagaimana caranya. Inilah saatnya mereka mengembangkan seperti apa usaha yang bisa dikembangkan,” ujar Desire Mulyani.



Sejak tahap awal pendaftaran dibuka, jumlah peserta yang bergabung sudah mencapai hampir 3.000 orang. Jumlah yang sudah mendekati target awal yang ditetapkan sejumlah 3.100 peserta. Dari peserta tersebut kemudian akan dilihat perkembangan dan keseriusannya dalam membangun usahanya. Dan pada peserta yang bertahan sampai tahap akhir, akan diberikan bantuan untuk memulai usahanya tersebut sebesar Rp. 1.000.000 dalam bentuk uang tunai.



Ketua sekaligus Pendiri STMIK Primakara, I Made Artana, S.Kom.,M.M., menambahkan bahwa kegiatan pendampingan ini diharapkan juga bisa memberikan kesempatan bagi para pekerja yang terdampak untuk memutar kembali roda ekonomi mereka dengan memulai usaha tanpa perlu bergantung kembali pada pekerjaan lama mereka karena hidup akan terus berjalan meski kehidupan saat ini sedang sullt. "Peserta diajak untuk memikirkan seperti apa kesulitan yang dihadirkan oleh pandemi Covid-19 ini. Meski di tengah kesulitan, namun hidup ini harus tetap berjalan. " pungkasnya.

121 views